PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010

SUSILO, DWI (2010) PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210060002.pdf

Download (102kB)
[img] PDF
A210060002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Geyer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 55 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Persepsi pembelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,700 > 2,007 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,285 > 2,007 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 29,245 > 3,175 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1 dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel persepsi pembelajaran ekonomi memberikan sumbangan efektif 19,4%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 33,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi pembelajaran ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi pembelajaran ekonomi, motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:05
Last Modified: 14 Nov 2010 15:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item View Item