Pengaruh Distraksi Virtual Reality Terhadap Perubahan Denyut Nadi Selama Prosedur Anestesi Lokal dengan Jet Injektor pada Perawatan Gigi Anak (Kajian di RSGM Soelastri pada Anak Usia 7-9 Tahun)

Khoirudin, Ferdian Ilham and , drg. Septriyani Kaswindiarti, MDSc., Sp. KGA (2020) Pengaruh Distraksi Virtual Reality Terhadap Perubahan Denyut Nadi Selama Prosedur Anestesi Lokal dengan Jet Injektor pada Perawatan Gigi Anak (Kajian di RSGM Soelastri pada Anak Usia 7-9 Tahun). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Problematika utama dalam perawatan gigi dan mulut pada anak adalah hubungan kooperatif antara dokter gigi dan anak yang sulit tercipta akibat kecemasan tentang persepsi nyeri saat akan dan sedang berlangsungnya perawatan, oleh karena itu diperlukan pengendalian kecemasan tetang persepsi nyeri yang baik. Kondisi kecemasan tentang persepsi nyeri dapat menimbulkan respon fisiologis berupa peningkatan denyut nadi. Prosedur anestesi lokal dengan jarum suntik diberikan untuk meminimalisasi rasa nyeri saat tindakan invasif, akan tetapi prosedur tersebut juga dapat menimbulkan kecemasan tentang persepsi nyeri. Jet injektor merupakan sebuah alat anestesi inovasi baru yang dapat menganestesi area tertentu tanpa menggunakan jarum dengan rasa nyeri yang minimal, namun bentuk dan ukuran jet injektor serta suara yang mengejutkan dari alat tersebut dapat memengaruhi kecemasan tentang persepsi nyeri anak, oleh sebab itu diperlukan metode distraksi untuk mengalihkan perhatian anak dari kecemasan persepsi nyeri, salah satunya dengan menggunakan virtual reality. Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh distraksi virtual reality terhadap kecemasan persepsi nyeri yang ditandai dengan perubahan denyut nadi selama prosedur anestesi lokal dengan jet injektor pada perawatan gigi anak. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan Pretest-Postest non Equivalent Control Group Design. Desain ini digunakkan untuk mengetahui perbandingan antara kelompok perlakuan dan kelompok tanpa perlakuan. Perubahan denyut nadi sebelum dan selama prosedur anestesi pada kedua kelompok dianalisis dengan menggunakan analisis Independent T-Test. Hasil : Berdasarkan hasil dari uji Independent T-Test diketahui bahwa nilai T-test Sig. (2-tailed) adalah 0,001 (p<0,05) sehingga data yang didapatkan signifikan. Kesimpulan : Distraksi virtual reality berpengaruh terhadap perubahan denyut nadi yang lebih kecil dibandingkan tanpa metode distraksi selama prosedur anestesi lokal dengan jet injektor pada perawatan gigi anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anestesi, distraksi, virtual reality, kecemasan persepsi nyeri, denyut nadi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: FERDIAN ILHAM KHOIRUDIN
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:39
Last Modified: 04 Sep 2020 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85864

Actions (login required)

View Item View Item