Sutresno., Bambang (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENS) DENGAN DESAIN PENELITIAN LESSON STUDY PADA KELAS VII MTs NEGERI KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080225.pdf Download (158kB) |
|
PDF
Q100080225.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
matematika materi pokok himpunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan desain penelitian Lesson Study pada kelas VII MTs Negeri Karanganyar. 2) Meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi pokok himpunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan desain penelitian Lesson Study pada kelas VII MTs Negeri Karanganyar. Subjek utama adalah siswa kelas VII H MTs Negeri Karanganyar, sementara obyek penelitian adalah perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dan prestasi belajar matematika siswa Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian lesson study berbasis PTK yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sekaligus guru model dan seorang guru lain sebagai pengamat (observer) juga dosen sebagai praktisi dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dalam konteks penelitian ini, peneliti hadir di lapangan, menempatkan diri sebagai subyek yang berguru kepada realita. teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan interview, Quesioner, Observation, dan gabungan dari ketiganya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dengan melalui alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil lembar observasi aktivitas pembelajaran, hasil angket dari siswa serta catatan lapangan (jurnal harian). Hasil penelitian adalah peningkatan kualitas pembelajaran matematika ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang : Memperhatikan ketika guru menerangkan materi mendengarkan dan aktif bertanya kepada guru. Merasa dengan berdiskusi kelompok membuat siswa lebih mudah memahami materi. Ketika diskusi kelompok siswa aktif berdiskusi dan bertanya kepada teman dan guru.Merasa dengan metode ini memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih baik. Merasa senang dengan metode belajar kooperatif tipe TGT (Teams games Tournament). Sedang peningkatkan hasil pembelajaran matematika ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa pada setiap siklusnya rata-rata nilai siklus pertama 50, siklus kedua 77,6 dan pada siklus ketiga 79,6. Ditunjukkan juga dengan peningkatan nilai sebelum diadakan lesson study dan sesudah diadakan lesson study, sebelum lesson study rata-rata nilai tes akhir bulan 56,10 dan setelah lesson study menjadi 71,12.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, TGT, Lesson study, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2010 09:20 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8586 |
Actions (login required)
View Item |