Wadono., Sri (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI I JUMANTONO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080234.pdf Download (169kB) |
|
PDF
Q100080234.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
kreativitas dalam mempresentasikan pemahamannya dan keaktivan siswa menyelesaikan masalah berupa soal matematika dengan pembelajara problembased learning. 2) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII melalui kemampuan dalam menyelesaikan soal pokok bahasan garis dan sudut dengan model pembelajaran problem-based learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jumantono, sedangkan obyek penelitian adalah perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dan prestasi belajar matematika siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu suatu tindakan yang dilakukan terhadap kelas dengan tujuan memperbaiki proses maupun hasil belajar siswa. Mekanisme kerja pelaksanaan PTK ini diwujudkan dalam bentuk siklus, setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, dan gabungan dari ketiganya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil lembar observasi aktivitas pembelajaran, hasil angket dari siswa, catatan lapangan (jurnal harian) dan nilai hasil tes evaluasi setiap siklus. Hasil penelitian adalah peningkatan kualitas pembelajaran matematika ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang : Memperhatikan ketika guru menerangkan materi, mendengarkan dan aktif bertanya kepada guru. Merasa dengan berdiskusi kelompok membuat siswa lebih mudah memahami materi. Ketika diskusi kelompok siswa aktif berdiskusi, bertanya kepada teman dan guru.Merasa dengan model pembelajaran ini memotivasi siswa untuk belajar. Merasa senang dengan model pembelajaran berbasis masalah. Peningkatkan hasil pembelajaran matematika ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa mulai prasiklus sampai siklus ketiga. Rata-rata nilai prasiklus 54,15, siklus pertama 60,03, siklus kedua 66,62 dan pada siklus ketiga 69,85.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran, problem-based learning, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2010 09:08 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8585 |
Actions (login required)
View Item |