PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

AVIF, MUH. NARO (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060112.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A420060112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya perbedaan persepsi siswa mengenai pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Untuk mengetahui apakah adanya perbedaan persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menyebarluaskan informasi dan masukan mengenai pentingnya pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan strategi pembelajaran guru dalam mendukung pencapaian prestasi belajar siswa secara optimal, termasuk dalam mata pelajaran Biologi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Anava satu jalan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 yang keseluruhannya berjumlah 265 orang siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 84 siswa dari 265 siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 yang menjadi anggota populasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang pengembangan KTSP guru terhadap prestasi belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 9,373 (p= 0,000 < 0,05), terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 12,196 (p= 0,000 < 0,05). Jadi semakin baik persepsi siswa terhadap pengembangan KTSP dan strategi pembelajaran guru, maka semakin semakin baik prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan KTSP, strategi pembelajaran, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2010 03:03
Last Modified: 14 Nov 2010 16:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item