SUMAWAN, ANDIK (2010) IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420060079.pdf Download (854kB) |
|
PDF
A420060079.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokomentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari segi aspek kognitif (77,85> 69,625> 61,725) maupun aspek afektif (17,875> 15,85> 15,05). Kesimpulan dari dari penelitian ini adalah penerapan metode (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Numbered Head Together (NHT), hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2010 02:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8565 |
Actions (login required)
View Item |