PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKOHARJO (PTK Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo)

PRASETYO , DONI (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKOHARJO (PTK Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060047.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
A420060047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar BIOLOGI dan peningkatan prestasi belajar pada pokok bahasan ekosistem dalam pembelajaran BIOLOGI melalui pendekatan deep dialogue. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi pada pokok bahasan ekosistem. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 52.5 %, pada putaran I sebesar 67.5 %, pada putaran II sebesar 72.5 %, di akhir putaran mencapai 82.5 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 57.5 %, pada putaran I sebesar 72.5 %, pada putaran II sebesar 82.5 %, di akhir putaran mencapai 87.5 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 67.5 %, pada putaran I sebesar 75 %, pada putaran II sebesar 87.5 %, di akhir putaran mencapai 95 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 72.5 %, pada putaran I mencapai daya serap 77.5 %, pada putaran II mencapai daya serap 92.5 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 95 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan deep dialogue dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, deep dialogue
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 02:55
Last Modified: 14 Nov 2010 16:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item