UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Trianasari, Evi (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060035.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
A420060035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Teras dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan Inquiring minds want to know untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi Inquiring minds want to know pada siswa kelas VIIA SMP N 1 Teras tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai II dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 4,7, rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,7, dan rata-rata siklus II meningkat sebesar 7,4 pada pokok materi organisasi kehidupan. Menunjukkan peningkatan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know berpengaruh positif terhadap nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 13,7 (siswa cukup berminat), siklus II sebesar 15,59 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok materi organisasi kehidupan siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Teras Tahun Pelaajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,80 point (80%), dan aspek afektif sebesar 0,75 point (75%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Inquiring minds want to know, hasil belajar biologi si
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 02:30
Last Modified: 14 Nov 2010 16:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8540

Actions (login required)

View Item View Item