ANDRIATI , MEGA (2010) APLIKASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK KECAKAPAN GENERIK DI SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420060016.pdf Download (198kB) |
|
PDF
A420060016.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
Abstract
Tantangan era global mengakibatkan adanya tuntutan dalam upaya penciptaan Sumber data manusia yang mampu bersaing. Pendidikan sebagai motor penciptaan SDM dituntut harus mampu membekali manusia dengan berbagai kecakapan hidup (life skills) sebagai modal untuk menghadapi tantangan tersebut. Sekolah sebagai substansi pendidikan harus mengintegrasikan bekal-bekal hidup itu pada tiap individu peserta didiknya. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pemahaman guru terhadap life skills dan bentuk aplikasi pengintegrasian life skills untuk kecakapan generik khususnya kecakapan berkomunikasi dalam pembelajaran IPA untuk materi biologi di SMP 1 Al-Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analisis. Data diperoleh dengan metode observasi partisipatif, interview dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul dianlisa dengan teknik analisia domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman guru IPA SMP 1 Al-Islam terhadap life skills belum merata dalam arti bahwa belum semua guru memahami life skills. NS I telah memahami konsep dasar life skills dan cara pemformulasiannya, walau belum memahami konsep penjenjangannya. NS II belum memahami life skills, tetapi secara tidak sadar telah mengintegrasikannya dalam pembelajaran. NS III telah memahami konsep dasar life skills, tetapi belum memahami secara total tentang penjenjangannya sehingga penekanan pengintegrasiannya kurang sesuai. Beberapa bentuk aplikasi life skills yang ada dalam pembelajaran IPA untuk materi yang berkaitan dengan biologi adalah sebagai berikut: a). Kecakapan komunikasi tulis tercermin dalam aplikasi; kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode group resume (ringkasan secara berkelompok), penulisan laporan hasil praktikum, penulisan tugas terstruktur hasil pencarian informasi dan penulisan tugas harian di buku tugas, b). Kecakapan komunikasi lisan tercermin dalam aplikasi; kegiatan pembelajaran yang memadukan antara metode information search, metode diskusi dan presentasi dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode reading aload, c). Kecakapan komunikasi dengan menggunakan teknologi yaitu dengan pengaplikasian penggunaan internet sebagai media sumber informasi yang merupakan penunjang metode information search.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pendidikan kecakapan hidup (life skills) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2010 09:03 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8534 |
Actions (login required)
View Item |