Prastowo, Henry Dwi (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER DAN PERILAKU DISIPLIN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA TARUNA POLISI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100000183.pdf Download (244kB) |
|
PDF
F100000183.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan keinginan individu untuk memperoleh nilai yang baik, dapat mengatasi rintangan, mempertahankan kualitas belajar yang tinggi dan bersaing melalui usaha-usaha yang keras sehingga kegiatan belajar dapat berjalan lancar. Motivasi tinggi dalam belajar sangat dibutuhkan siswa untuk meningkatkan prestasi. Dengan demikian, motivasi belajar anak penting untuk mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara persepsi terhadap teknologi komputer dan perilaku disiplin dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (2) Hubungan antara persepsi terhadap teknologi komputer dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (3) Hubungan antara perilaku disiplin dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (4) Persepsi pendidikan teknologi komputer pada siswa. (5) Tingkat perilaku disiplin. (7) Tingkat motivasi belajar, (8) Sumbangan efektif persepsi terhadap teknologi komputer dan perilaku disiplin terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Taruna Polisi di Akademi Kepolisian Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga Taruna Polisi di Akademi Kepolisian Semarang berjumlah 73 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode skala motivasi belajar, persepsi terhadap pendidikan teknologi computer, dan perilaku disiplin. Analisis data menggunakan teknik korelasi analisis regresi ganda.. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap teknologi komputer dan perilaku disiplin dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (2) Ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap teknologi komputer dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (3) Ada hubungan yang positif antara perilaku disiplin dengan motivasi belajar pada taruna Polisi. (4) Persepsi pendidikan teknologi komputer pada siswa tergolong tinggi. (5) Tingkat perilaku disiplin tergolong tinggi. (6) Tingkat motivasi belajar tergolong tinggi. (7) Sumbangan efektif persepsi terhadap teknologi komputer dan perilaku disiplin terhadap motivasi belajar sebesar 68,8%. Berarti masih terdapat 31,2% dari beberapa variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar di luar variabel persepsi terhadap teknologi komputer dan perilaku disiplin. Variabel lain tersebut, di antaranya: kecerdasan emosi, keadaan lingkungan tempat belajar, dan minat belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, kualitas belajar, teknologi komputer, perilaku disiplin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jan 2009 04:36 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/853 |
Actions (login required)
View Item |