MENINGKATKAN PERAN SERTA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP AMAL MULYA TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2009/2010

NOVIASARI , LUSI (2010) MENINGKATKAN PERAN SERTA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP AMAL MULYA TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050074.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A420050074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan peran serta siswa dalam pembelajaran biologi dengan menerapkan metode tutor sebaya pada siswa kelas VII SMP Amal Mulya Tawangmangu tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dan dari data yang diperoleh setiap akhir pertemuan yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan statistik kovariansi, antara lain dengan uji normalitas, uji korelasi, uji anava atau variansi dan t-test. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh aspek afektif pada siklus I 29.6 (kurang berhasil), siklus II 35.4 (cukup berhasil) dan siklus III 42.7 (berhasil) dan aspek kognitif terjadi peningkatan dengan nilai siklus I 6.5 dari nilai awal 5.9, siklus II 7.4 dan siklus III 8.3. Kemudian dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak dengan membandingkan nilai Ltabel(0.05) (0.1384), pada nilai awal Lomaks (0.1276) lebih kecil dari Ltabel (0.1384), siklus I Lomaks (0.1357) lebih kecil dari Lotabel, siklus II Lomaks (0.1305) lebih kecil dari Ltabel, dan siklus III Lomaks (0.1371) lebih kecil dari Ltabel, sehingga dapat diketahui data berdistribusi normal. Kemudian uji korelasi, dengan membandingkan nilai rtabel(0.05) (0.320) dan rtabel(0.01) (0.413), antara sebelum tindakan dengan siklus I rhitung (0.980) lebih besar dari pada rtabel, silkus II rhitung (0.988) lebih besar dari rtabel, siklus III rhitung (0.968) lebih besar dari rtabel, yang artinya ada hubungan antara metode tutor sebaya dengan peran serta siswa yang dicerminkan dengan hasil belajar biologi. Pada uji anava atau variansi Fhitung (5.58) lebih besar dari pada Ftabel(0.05) (2.80), artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus t-test (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0.05) (2.021) dan ttabel(0.01) (2.704), antara sebelum tindakan dengan siklus I thitung (33.33) lebih besar dari pada ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara siklus dan sangat bermakna. Antara siklus I dengan siklus II thitung (29.91) lebih besar dari ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara siklus II dengan siklus III thitung (19.15) lebih besar dari pada ttabel, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna antara metode tutor sebaya dengan peran serta siswa yang dicerminkan dengan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, peran serta siswa yang dicerminkan dengan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 09:21
Last Modified: 14 Nov 2010 16:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item