PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010

PUTRANTO, TINTO TRI (2010) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050070.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
A420050070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak strategi pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar/hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta hasil belajar belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Mind Map pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data hasil belajar Biologi diambil dari nilai ketuntasan,angket serta dialog awal dengan guru kelas XI IPA. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Untuk nilai kreativitas pada siklus pertama adalah 28,50. Pada siklus kedua terjadi peningkatan nilai Kreativitas sebesar 60,70 meningkat 32,2. Untuk nilai kreativitas juga digunakan sebagai parameter, sedangkan nilai kognitif pada siklus pertama adalah 57,70. Tejadi peningkatan pada siklus kedua sebesar 68,50. Kompetensi Dasar yang ingin dicapai pada aspek kognitif adalah apabila sudah mencapai nilai rata-rata kelas 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi Mind Map pada pembelajaran berpengaruh positif pada hasil belajar siswa sebesar 68,50 > dari KD nilai rata-rata yang ingin dicapai yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Mind Map meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Mind Map dan hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 09:02
Last Modified: 14 Nov 2010 16:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8521

Actions (login required)

View Item View Item