PRIHATIANTO , DANANG (2010) REPRESENTASI KEHIDUPAN SOSIAL ANAK USIA 9-12 TAHUN BERWUJUD BAHASA: KAJIAN LEKSIKON PEMEROLEHAN BAHASA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060281.pdf Download (26kB) |
|
PDF
A310060281.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang leksikon yang diujarkan anak-anak melalui representasi kehidupan sosial anak. Mengkaji leksikon yang diujarkan dan diperoleh anak–anak usia 9-12 tahun baik anak-anak desa maupun anak-anak kota sebagai realitas hidup pada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Teknik dasar dari metode simak ini berwujud teknik sadap. Selanjutnya, teknik sadap ini diikuti dengan teknik lanjutan yang berupa teknik simak libat cakap yang dilanjutkan dengan teknik rekam dan catat. Pada mulanya percakapan antara penutur dan mitra tutur direkam dengan alat rekam. Menyimak bahasa yang digunakan dengan teknik catat. Untuk analisis data menggunakan metode analisis padan. Berdasarkan analisis penelitian dapat disimpulkan pemerolehan leksikon mencerminkan realitas hidup anak dalam kehidupannya menambahkan penamaan dalam menyebut orang yang dianggap lebih tua. Leksikon, mengetahui gedung-gedung, mengetahui kombinasi dalam makanan dan penamaan makanan serta sayuran, mengetahui konsep ruang dimana dia berada dan daerah wisata yang dia ketahui, mengetahui nama atau merk suatu produk barang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi, kehidupan sosial anak, leksikon dan bahasa anak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2010 07:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8506 |
Actions (login required)
View Item |