PERBEDAAN PENGARUH MENGUNYAH ANTARA BUAH APEL MANALAGI (Malus sylvestris mill.) DAN BUAH PIR SHANDONG (Pyrus bretschneideri) TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK (Kajian Pada Siswa Usia 9-12 Tahun di SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta)

Utari, Puput and , drg. Edi Karyadi, MM., MDSc., Sp. Perio (2020) PERBEDAAN PENGARUH MENGUNYAH ANTARA BUAH APEL MANALAGI (Malus sylvestris mill.) DAN BUAH PIR SHANDONG (Pyrus bretschneideri) TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK (Kajian Pada Siswa Usia 9-12 Tahun di SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Intisari Karies merupakan penyakit yang disebabkan oleh interaksi antara bakteri, debris, plak, diet, serta gigi. Pencegahan karies dan peningkatan kesehatan gigi telah menjadi tujuan utama dalam merawat gigi sejak diketahui debris dan plak gigi yang menjadi faktor dominan penyebab terjadinya karies. Plak merupakan lapisan tipis yang tidak berwarna, tidak bisa dilihat mata secara langsung, melekat pada gigi dan membentuk kumpulan yang terdiri dari air liur, sisa makanan, jaringan mati, fibrinogen, mikroorganisme dan lain sebagainya. Pengedalian plak dapat dilakukan yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan berserat seperti buah apel dan buah pir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh mengunyah antara buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) dan buah pir shandong (Pyrus bretschneideri) terhadap penurunan indeks plak. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan penelitian pre and post test group. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta dengan subjek penelitian 60 siswa usia 9-12 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan yaitu kelompok 1 mengunyah buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) dan kelompok 2 mengunyah buah pir shandong (Pyrus bretschneideri). Data indeks plak diperoleh dengan metode pengukuran PHP-M. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan rerata indeks plak (sebelum dan sesudah) mengunyah buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) dan buah pir shandong (Pyrus bretschneideri). Uji Independent Samples Test diperoleh hasil terdapat perbedaan signifikan antara (sebelum dan sesudah) mengunyah buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) dan buah pir shandong (Pyrus bretschneideri) p=0,000. Kesimpulannya terdapat pengaruh antara mengunyah buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) dan buah pir shandong (Pyrus bretschneideri) terhadap penurunan indeks plak dan mengunyah buah apel manalagi (Malus sylvestris mill.) lebih berpengaruh dibandingkan dengan mengunyah buah pir shandong (Pyrus bretschneideri) terhadap penurunan indeks plak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karies gigi, Indeks plak, Apel Manalagi, Pir Shandong
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: PUPUT UTARI
Date Deposited: 15 Aug 2020 04:46
Last Modified: 15 Aug 2020 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/84883

Actions (login required)

View Item View Item