Sulasti, Sulasti (2010) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Pendekatan Pembelajaran Terpadu pada Siswa Kelas SD Negeri Adirejawetan 01 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2008-2009. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
S200070122.pdf Download (1MB) |
|
PDF
S200070122.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk menetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Adirejawetan 01 melalui penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran, dan (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas SD Negeri Adirejawetan 01 melalui penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia. PTK menggunakan model Elliots yang menyatakan bahwa penelitian tindakan sebagai serangkaian langkah yang membentuk spiral..PTK dilaksanakan dalam 3 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing), tindakan(acting),pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas V sejumlah 34 siswa, laki-laki 14 siswa perempuan 20 siswa dan guru kelas V SD Negeri Adirejawetan 01 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data antara lain adalah triangulasi dan review informan kunci Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pembelajaran membaca pemahaman dengan pendekatan terpadu pada pembelajaran bahasa Indonesia terbukti dapat meningkatkan keaktivan belajar siswa kelas V SD Negeri Adirejawetan 01 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Hal ini dapat kita lihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran , yaitu keaktivan siswa juga mengalami kenaikan dari tiap siklus yang dilaksanakan. Pada siklus I 61,15% naik menjadi 67,18% ,mengalami kenaikan sebesar 6,03%. Dari siklus II ke siklus III mengalami kenaikan 17,65% menjadi 84,25%. Pembelajaran membaca pemahaman dengan pendekatan terpadu ini dapat dikatakan berhasil. Kenyataan ini terlihat dari hasil belajar dan ketuntasan belajar. Hal ini dapat kita amati dari hasil tindakan pada siklus I rata-rata 63,45 naik menjadi 68,15 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 74,50, sehingga mengalami kenaikan dari sklus I ke siklus II sebesar 4,7 dan dari Siklus II ke Siklus III kenaikan sebesar 6,4. Ketuntasan belajar juga mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa 47,05 mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 17,65 menjadi 64,70 dan di akhir siklus III menjadi 79,41 mengalami kenaikan sebesar 14,71.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca pemahaman, pendekatan terpadu, dan PTK |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Aug 2010 08:48 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 17:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8469 |
Actions (login required)
View Item |