ULPA , MARIA (2010) NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060127.pdf Download (211kB) |
|
PDF
A310060127.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi; (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang tergambar dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi di tinjau dari psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah nilai-nilai edukatif tokoh-tokoh fiksional dalam novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, sumber data yang dipakai adalah sumber data primer (Negeri Lima Menara, 2010) dan sumber data sekunder (Teori Pengkajian Fiksi, 1995). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik membaca heuristik dan hermeneutik. Secara struktural tema dalam novel ini adalah “Man Jadda Wajada”, yang berarti siapa bersungguh-sungguh pasti akan sukses. Alur dalam novel ini adalah alur campuran. Tokoh dalam novel Negeri Lima Menara yaitu terdiri dari tokoh utama (Alif) dan tokoh tambahan (Said, Raja, Atang, Baso, dan Dulmajid). Latar dalam novel ini menggunakan latar tempat (daerah Minang, Jawa Timur, Pondok Madani, Bandung, Washington DC, dan London), latar waktu yaitu mulai antara tahun 1980-an sampai 2003, dan latar sosial (kebudayaan Minang, kebudayaan Jawa, dan kebudayaan pondok Islamiyah). Secara psikologi dalam novel Negeri Lima menara terkandung 11 nilai-nilai edukatif yang dicerminkan oleh anggota Sahibul Menara. Nilai-nilai edukatif itu meliputi etos hidup yang tinggi, menerapkan Man Jadda Wajada, selalu berbuat ikhlas, tanggung jawab, selalu menolong, menghargai waktu, selalu membuat orang bahagia, selalu aktif dan tanggap, selalu menuntut ilmu, pandai berterima kasih, dan sunggh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai edukatif, novel Negeri Lima Menara, psikologi sastra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2010 05:38 |
Last Modified: | 19 Apr 2012 09:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8456 |
Actions (login required)
View Item |