Literature Review: Penataan Ruang Belajar Yang Menarik Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Fernianti, Asri and , Drs. Haryono Yuwono, SE.M.Pd (2016) Literature Review: Penataan Ruang Belajar Yang Menarik Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
LR jurnal.pdf

Download (574kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penataan ruang belajar yang menarik merupakan salah satu proses terpenting dalam PAUD. Penataan ruangan belajar adalah suatu proses mengelola dan mengorganisasikan seluruh aspek yang berada di ruangan kelas untuk mendukung stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan kognitif adalah suatu proses bertambahnya kemampuan seseorang yang berkaitan dengan pola berpikir dan tingkat kecerdasan atau intelegensi. Pada dasarnya penataan ruang belajar merupakan salah satu point penting dalam menstimulasi perkembangan anak. Sehingga membutuhkan penataan ruang belajar yang menarik di PAUD. Penataan ruang belajar yang menarik akan mempermudah anak untuk bermain sambil belajar dan menerima stimulasi dari guru terhadap enam aspek perkembangan, terutama perkembangan kognitifnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan penjelasan penataan ruang belajar dan perkembangan kognitif anak usia dini. Adapun manfaat penelitian tersebut yaitu memberikan manfaat teoritis untuk pembaca, dapat membantu menambah pengetahuan tentang cara menata ruang belajar yang menarik, dan dapat memberikan informasi tentang prinsip-prinsip penataan ruang belajar yang menarik. Penelitian ini berjenis literature review. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua variabel yaitu variabel independen (bebas) dan variabel dependen (terikat). Variabel independen (bebas) dalam penelitian ini yaitu penataan ruang belajar yang menarik dan variabel dependennya yaitu perkembangan kognitif anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini menggunakan semua jurnal hasil penelitian dengan topik penataan ruang belajar dan perkembangan kognitif anak usia dini. Sampel dalam penelitian ini adalah jurnal hasil penelitian dengan topik penataan ruang belajar yang menarik dan perkembangan kognitif anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penataan Ruang Belajar Yang Menarik, Perkembangan Kognitif, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ASRI FERNIANTI
Date Deposited: 17 Aug 2020 03:58
Last Modified: 17 Aug 2020 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/84530

Actions (login required)

View Item View Item