PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KRENDOWAHONO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR

SURYANI, ARIEF RAHMAWATI (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KRENDOWAHONO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060092.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A310060092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media VCD pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Krendowahono. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Krendowahono. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yakni (1) observasi/pengamatan, (2) teknik wawancara mendalam, dan (3) teknik tes atau tugas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik model analisis interaktif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media VCD dapat meningktkan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Krendowahono. Hal tersebut terefleksi pada : (1) kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia meningkat. Hal tersebut terlihat dari kualitas proses dan hasil pembelajaran pada proses pembelajaran siswa terlihat aktif. Ditinjau dari segi hasil nilai rata-rata pada siklus 1, 2, dan 3 mengalami peningkatan, (2) siswa terlihat tertarik/antusias mengikuti pembelajaran dan siswa terlihat memperhatikan pembelajaran dengan serius, hampir tidak ada siswa yang berbicara sendiri atau mengerjakan kegiatan lain selama pelajaran berlangsung, (3) selama proses belajar-mengajar, siswa terlihat aktif yakni mereka terlihat merespon pertanyaan maupun tugas yang diberikan oleh guru, (4) siswa sudah tidak malu lagi untuk tampil di depan kelas, dan (5) kemampuan guru dalam mengelola kelas meningkat hal ini dapat dilihat dari guru mampu memotivasi siswa dan adanya pemberian hadiah, perubahan posisi saat mengajar, sehingga pembelajaran efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media VCD, Peningkatan, Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 05:17
Last Modified: 14 Nov 2010 17:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item