PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 SDN BANMATI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

SARI, LIA INDRIA (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 SDN BANMATI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060058.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A310060058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan pembelajaran menulis cerita dengan pemanfaatan teknik gambar berseri pada siswa kelas V SDN Banmati 3 Sukoharjo, (2) Proses pembelajaran menulis cerita dengan pemanfaatan teknik gambar seri pada siswa kelas V SDN Banmati 3 Sukoharjo. Peneliti ini mengambil lokasi di SDN Banmati 3 Sukoharjo. Bentuk dan strategi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber daya yakni Guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas V SDN Banmati 3 Sukoharjo dan siswa kelas V berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni informasi lengkap yang diperoleh dari lapangan dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian terdapatnya peningkatan keterampilan menulis cerita berseri yang dimiliki siswa kelas V SDN Banmati 3 Sukoharjo dengan Indikator sebagai berikut. (1) Kelengkapan unsur cerita. (2) Cara penyajian urutan waktu. (3) Kemenarikan media gambar seri. (4) Teknik penyampain gagasan. (5) Cara penggambaran tokoh. (6) Kemampuan siswa dalam menulis cerita berseri juga terlihat meningkat. Nilai pada siklus kedua lebih baik daripada siklus pertama terlihat dari kondisi (1) guru sudah mampu untuk mengembangkan materi yang akan diajakan pada siswa dengan baik; (2) guru sudah memahami sepenuhnya manfaat dari penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis cerita atau karangan; dan (3) guru sudah mulai menyadari perlunya suatu evaluasi terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis, teknik gambar seri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 03:36
Last Modified: 14 Nov 2010 17:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item