PENINGKATAN PEMBELAJARAN APRESIASI DONGENG DENGAN MEDIA VISUAL MANIPULATIF BONEKA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK, SUKOHARJO Tahun Ajar 2009 / 2010

Cendana, Rawittri (2010) PENINGKATAN PEMBELAJARAN APRESIASI DONGENG DENGAN MEDIA VISUAL MANIPULATIF BONEKA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK, SUKOHARJO Tahun Ajar 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060035.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
A310060035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo; (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo, tahun ajar 2009/ 2010. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu kolaborasi antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang ada pada pembelajaran apresiasi dongeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 38 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah embedded case study research (studi kasus terpancang).Data penelitian ini berwujud informasi yang berkaitan dengan kemampuan siswa, keaktifan, perhatian dan konsentrasi, serta minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka. Sumber datanya adalah tempat, narasumber, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, teknik wawancara, teknik analisis dokumen, dan teknik tes. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan media visual manipulatif boneka dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran apresiasi dongeng. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 39,47%; siklus II 73,68%. Perhatian dan konsentrasi siswa pada siklus I sebesar 57,89%; siklus II 86,84%. Minat dan motivasi siswa pada siklus I sebesar 65,78%; siklus II 92,10%, (2) pemanfaatan media visual manipulatif boneka dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran berupa kemampuan apresiasi dongeng siswa. Pada siklus I kemampuan apresiasi dongeng siswa sebesar 63,15% dengan nilai rata-rata kelas 59,47; pada siklus II 86,84% dengan nilai rata-rata kelas 74,47.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, apresiasi dongeng, media visual manipulatif boneka, Penelitian Tindakan Kelas (PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 09:10
Last Modified: 21 Nov 2019 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item