PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 1 TAHUN AJARAN 2009/2010

YUNITAWATI , AZIZAH MALIKHA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 1 TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060008.pdf

Download (283kB)
[img] PDF
A310060008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 1 Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menerapkan metode field trip, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 1 Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menerapkan metode field trip. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Gemolong 1 kabupaten Sragen. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dan guru bahasa Indonesia SD Negeri Gemolong 1. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas VB SD Negeri Gemolong 1, khususnya menulis karangan deskripsi. Data penelitian ini adalah berupa informasi tentang keterampilan siswa kelas VB SD Negeri Gemolong I dalam menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kristis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 65,38% atau 17 siswa dari 26 siswa. Pada siklus II siswa yang aktif terhadap pembelajaran sebesar 84,61% atau 22 siswa dari 26 siswa. Selain meningkatnya persentase keaktifan siswa, meningkatnya kulaitas proses dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi juga ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru dalam mengelola kelas di tiap siklusnya, (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas hasil dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa. Pada siklus I nilai terendah siswa 48 dan nilai tertinggi 74. Pada siklus II nilai terendah siswa 54 dan nilai tertinggi 78.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan deskripsi, field trip, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 08:53
Last Modified: 14 Nov 2010 17:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item