PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nogosari)

NURFIYANTO, ARIF (2010) PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nogosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060265.pdf

Download (45kB)
[img] PDF
A410060265.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kerja melalui pendekatan creative problem solving 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kerja melalui pendekatan creative problem solving. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini : 1) menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari : a) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar (7,9 %), pada putaran I (18,4 %), pada putaran II (28,9 %), dan pada putaran III (44,7 %), b) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar (13,2 %), pada putaran I (21,1 %), pada putaran II (36,8 %), dan pada putaran III (55,3 %), c) siswa yang mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar (7,9 %), pada putaran I (15,8 %), pada putaran II (31,6 %), dan pada putaran III (50 %), d) siswa yang menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan sebesar (18,4 %), pada putaran I (28,9 %), pada putaran II (44,7 %), dan pada putaran III (63,2 %), 2) menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa hanya 57,89%, pada putaran I 65,71%, pada putaran II 68,81%, dan pada putaran III 71,86%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan creative problem solving dengan menggunakan lembar kerja dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, lembar kerja, creative, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 05:04
Last Modified: 14 Nov 2010 18:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8408

Actions (login required)

View Item View Item