Pengaruh Ekstrak Etanol Biji Delima Merah (Punica Granatum L.) 40% Terhadap Waktu Penyembuhan Luka Tikus (Rattus Novergicus) Strain Wistar

Puspitasari, Bella and -, drg. Mahmud Kholifa, MDSc (2020) Pengaruh Ekstrak Etanol Biji Delima Merah (Punica Granatum L.) 40% Terhadap Waktu Penyembuhan Luka Tikus (Rattus Novergicus) Strain Wistar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PENYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Luka adalah suatu kerusakan atau hilangnya struktur dan fungsi jaringan tubuh. Luka pada praktik kedokteran gigi berkaitan erat dengan perdarahan misalnya pencabutan gigi, luka juga dapat terjadi pada jaringan lunak dan jaringan keras karena prosedur bedah serta trauma bedah. Secara fisiologi proses penyembuhan luka meliputi fase inflamasi yang terdiri dari fase hemostasis dan lag phase, fase proliferasi atau fase granulasi dan fase remodelling atau fase maturasi. Biji delima .merah merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung senyawa fenolik berupa flavonoid, tanin, asam fosfat, vitamin C, zat besi, dan punicalagin. Delima memiliki kandungan flavonoid yang tinggi terutama di dalam biji buah delima yang mempunyai khasiat terapeutik yaitu antibakteri, antioksidan, antivirus, anti inflamasi, dan antitumor. Senyawa flavonoid dan punicic acid berperan pada proses penyembuhan luka fase inflamasi sedangkan tanin dan vitamin C berperan pada fase proliferasi sehingga memberikan efek yang lebih baik untuk penyembuhan luka. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol biji delim merah (Punica granatum L) 40% terhadap waktu penyembuhan luka tikus (Rattus novergicus) strain Wistar. Metode : Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian true experimental laboratorium dengan menggunakan rancangan posttest only control group design. Metode yang digunakan adalah dengan mencatat waktu penyembuhan luka tikus yang dilakukan setelah terjadi luka dan diamati secara klinis setiap jam yaitu sampai terbentuknya jaringan parut yang ditandai dengan pembentukan keropeng terlihat seperti kerak pada bagian atas luka, dengan menggunakan 3 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif (aquades), kelompok perlakuan ekstrak etanol biji delima merah 40%, dan kelompok kontrol positif (oxoferin). Hasil : Berdasarkan hasil uji One Way Anova menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi 0,000 (P<0,05) sehingga rata-rata waktu penyembuhan luka dari ketiga kelompok perlakuan tersebut berbeda secara signifikan dan dari uji Post Hoc LSD, menunjukkan p<0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna antar kelompok perlakuan yaitu antara kelompok positif (oxoferin) terhadap kelompok negatif (aquades) dan kelompok perlakuan ekstrak etanol biji delima merah konsentrasi 40%. Kesimpulan : Ekstrak etanol biji delima merah (Punica granatum L) 40% berpengaruh terhadap waktu penyembuhan luka tikus (Rattus novergicus) strain wistar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: luka, penyembuhan luka, ekstrak etanol biji delima merah 40%, rattus novergicus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: BELLA PUSPITASARI
Date Deposited: 03 Aug 2020 06:20
Last Modified: 03 Aug 2020 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83945

Actions (login required)

View Item View Item