EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)

SURYANI , TRI (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060223.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
A410060223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VIIIA SMP N 2 Gatak sebagai subjek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1. Adanya peningkatan pemahaman konsep materi kubus dan balok yang dapat dilihat dari a). Kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 13 siswa (40,6%) dan putaran III sebanyak 21 siswa (65,5%). b). Kemampuan menggunakan model matematisasi pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 11 siswa (34,4%) dan putaran III menjadi 24 siswa (75%). c). Kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada putaran I sebanyak 5 siswa (15,6%), putaran II sebanyak 17 siswa (53,1%) dan putaran III sebanyak 28 siswa (87,5%). d). Kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep pada putaran I sebanyak 3 siswa (9,4%), putaran II sebanyak 18 siswa (56,3%) dan putaran III sebanyak 27 siswa (84,4%). 2. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada putaran I sebesar 60,69, putaran II 74,56 dan putaran III mencapai 78,44. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan barang bekas dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep kubus dan balok sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model-Pembelajaran, Barang-Bekas, Pemahaman-Konsep, Prestasi-Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 07:46
Last Modified: 14 Nov 2010 18:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8394

Actions (login required)

View Item View Item