IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)

HARTATI , ANTIK (2010) IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060211.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410060211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mengkaji peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving dan 2) mengkaji peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 42 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) adanya peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi penalaran matematika: (a) mengajukan estimasi pada putaran I 14,6%, pada putaran II 25%, dan pada putaran III 30%, (b) memanipulasi matematika pada putaran I 48,8%, pada putaran II 65%, dan pada putaran III 72,5%, (c) menarik kesimpulan pada putaran I 60,9%, pada putaran II 72,5%, dan pada putaran III 80%, (d) memeriksa kebenaran suatu argumen pada putaran I 12,2%, pada putaran II 17,5%, dan pada putaran III 25%, (e) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis pada putaran I 9,7%, pada putaran II 42,5%, dan pada putaran III 60%. 2) adanya peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi komunikasi matematika: (a) representasi pada putaran I 39%, pada putaran II 47,5%, dan pada putaran III 52,5%, (b) rekonstruksi pengetahuan matematis pada putaran I 43,9%, pada putaran II 62,5%, dan pada putaran III 70%, (c) interaksi dengan teman kelompok dan ikut aktif dalam memecahkan masalah atau kerjasama pada putaran I 43,9%, pada putaran II 52,5%, dan pada putaran III 77,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan open-ended problem solving dapat meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi-penalaran, kompetensi-komunikasi, open-ended problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 07:38
Last Modified: 14 Nov 2010 18:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item View Item