PENGARUH PENDEKATAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGOPTIMAL KAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

ROFI’AH, ZAINUR (2010) PENGARUH PENDEKATAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGOPTIMAL KAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060207.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
A410060207.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis, (1) perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan pendekatan picture and picture dengan pendekatan ekspositori, (2) perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah, (3) interaksi antara pendekatan picture and picture yang ditinjau dari motivasi belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Assalaam Pabelan yang berjumlah 132 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa, yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan pendekatan picture and picture dengan pendekatan ekspositori dengan FA = 5,500, (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah dengan FB = 8,768, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan picture and picture yang ditinjau dari motivasi belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0,976

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Picture and Picture, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 07:22
Last Modified: 14 Nov 2010 18:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item View Item