Maryanti, Setty and , Dr. Muhammad Musiyam, M.T.P. (2020) Penerapan Metode Participatory Learning and Action pada Pembelajaran Geografi dalam Materi Jenis dan Karakteristik Bencana Alam Banjir di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Penerapan Metode Participatory Learning and Action pada Pembelajaran Geografi dalam Materi Jenis dan Karakteristik Bencana Alam Banjir di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI revisi.pdf Download (903kB) |
|
PDF (Halaman Deepan)
HALAMAN DEPAN (2).pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I SKRIPSI.pdf Download (406kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB 3 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (399kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN skripsi1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran menggunakan metode Participatory Learning and action (PLA) dan (2) Pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode participatory learning and action pada materi jenis dan karakteristik bencana alam banjir di SMA Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket yang berisi pre-test dan post-test. Pre-test dan post-test diberikan untuk mengetahui sejauh mana metode PLA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis dan karakteristik bencana alam banjir. Teknik analisis menggunakan paired sample t-Test yang dihitung menggunakan software IBM SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan (1) tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran telah baik karena tingkat partisipasi peserta didik sangat aktif dan aktif mencapai 30,30% atau 10 siswa; (2) Pengaruh hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode participatory learning and action yang dibuktikan dengan nilai signifikansi paired sample t test <0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi ada perbedaan antara pre-test dan post-test setelah adanya perlakuan. Setelah diperlakuan metode PLA nilai rata-rata pre-test yaitu 54,56 naik menjadi rata-rata post-test 66,2. Sehingga penggunaan metode participatory learning and action pada materi jenis dan karakteristik bencana alam banjir dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | participatory learning and action, banjir, hasil belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username a610152013 |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 05:26 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 05:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83861 |
Actions (login required)
View Item |