PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo Sragen)

HAJAH. K, SITI AMINAH (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060173.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
A410060173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, 2) Meningkatkan prestasi siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Sidoharjo Sragen yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui catatan lapangan, wawancara langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu : a) Adanya peningkatan siswa yang mempunyai motivasi dalam mengajukan pertanyaan dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang mengajukan pertanyaan sebanyak 5 siswa (12,5%) dan setelah tindakan siswa yang mempunyai motivasi untuk mengajukan pertanyaan meningkat menjadi 26 siswa (65%), b) Adanya peningkatan siswa yang mempunyai motivasi untuk menjawab pertanyaan dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang mempunyai motivasi untuk menjawab pertanyaan sebanyak sebanyak 10 siswa (25%) dan setelah tindakan siswa yang mempunyai motivasi untuk menjawab pertanyaan menjadi meningkat menjadi 27 siswa (67,5%), c) Adanya peningkatan siswa yang mempunyai motivasi dalam mengerjakan soal ke depan kelas dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang yang mempunyai motivasi untuk mengerjakan soal ke depan kelas sebanyak 7 siswa (17,5%) dan setelah tindakan siswa yang mempunyai motivasi untuk mengerjakan soal ke depan kelas sebanyak 26 siswa (65%); 2) Peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two yang meliputi hasil ulangan sebelum adanya penelitian, putaran I sampai putaran III mengalami peningkatan setelah dilakukan penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model The Power of Two dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:47
Last Modified: 14 Nov 2010 18:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item