IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA (PTK Kelas VIII D SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2009 / 2010)

PURNAMI , BIVIKA (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA (PTK Kelas VIII D SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2009 / 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060158.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
A410060158.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran learning cycle ”5E” berbantuan lembar kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan penalaran siswa dalam mengajukan pertanyaan atau mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 12,2%, sesudah tindakan menjadi 58,5%, 2) kemampuan penalaran siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 14,6%, sesudah tindakan naik menjadi 63,4%, 3) kemampuan penalaran siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru secara lisan dan tulis sebelum tindakan sebesar 19,5%, sesudah tindakan naik menjadi 70,7% , 4) kemampuan penalaran siswa dalam memberikan alasan terhadap kebenaran solusi sebelum tindakan sebesar 17,1%, sesudah tindakan naik menjadi 58,5%, 5) kemampuan penalaran menarik kesimpulan dari suatu pernyataan sebelum tindakan sebesar 24,4%, sesudah tindakan naik menjadi 73,2%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 6,0 sebesar 39,1%, sesudah tindakan naik menjadi 78,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa dan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan-penalaran, siklus-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:33
Last Modified: 14 Nov 2010 18:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item