EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Untuk Kelas VIII SMP N 1 Tirtomoyo Semester Genap Pokok Bahasan Prisma)

WULANDARI, DYAH PUSPITA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Untuk Kelas VIII SMP N 1 Tirtomoyo Semester Genap Pokok Bahasan Prisma). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060150.pdf

Download (879kB)
[img] PDF
A410060150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode penemuan terbimbing dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tirtomoyo yang berjumlah 200 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, semakin tinggi kemampuan awal siswa maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah kemampuan awal siswa maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Tidak ada efek interaksi yang signifikan antara metode penemuan terbimbing dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:17
Last Modified: 14 Nov 2010 18:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item