EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SIMO KELAS VII SEMESTER II TAHUN 2009/2010

TRIWULANDARI, HESTI (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SIMO KELAS VII SEMESTER II TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060148.pdf

Download (26kB)
[img] PDF
A410060148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simo yang berjumlah 216 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) Tidak ada efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:07
Last Modified: 14 Nov 2010 18:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item