EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TIPE THE POWER OF TWO DAN TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 POLANHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010

KUSUMASTUTI , DIAS (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TIPE THE POWER OF TWO DAN TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 POLANHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060123.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A410060123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Polanharjo yang berjumlah 281 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Two Stay - Two Stray (TS-TS), (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Ini berarti, jika dilihat pada masing-masing tingkat motivasi (tinggi, sedang, dan rendah), metode pembelajaran The Power of Two memiliki prestasi yang lebih baik daripada metode pembelajaran Two Stay - Two Stray (TS - TS). Pada sisi lain, jika dilihat dari penggunaan metode pembelajaran, pada siswa yang mempunyai motivasi lebih tinggi memiliki prestasi yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode - Pembelajaran, Motivasi - Belajar, Prestasi – Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:28
Last Modified: 14 Nov 2010 18:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item