PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pada siswa kelas VII Semester Genap SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)

HARYANTI , SRI (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pada siswa kelas VII Semester Genap SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060043.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
A410060043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada keliling dan luas segitiga melalui pendekatan Lightening The Learning Climate. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi yaitu triangulasi dengan penyidik. Hasil penelitian meningkatkan keaktifan siswa yang meliputi aspek: 1) keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13.16%, putaran I sebesar 26.32%, putaran II sebesar 47.37%, diakhir putaran mencapai 71.05%, 2) siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 5.26%, putaran I sebesar 13.16%, putaran II sebesar 26.32%, diakhir putaran mencapai 52.63%, 3) siswa mengemukakan ide sebelum tindakan 7.89%, putaran I sebesar 18.42%, putaran II sebesar 31.58%, diakhir putaran mencapai 68.42%, 4) siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 18.42%, putaran I sebesar 47.37%, putaran II sebesar 52.63%, diakhir putaran mencapai 57.89%, 5) siswa menyanggah ide teman sebelum tindakan 10.53%, putaran I sebesar 21.05%, putaran II sebesar 39.47%, diakhir putaran mencapai 52.26%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Lightening The Learning Climate.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 08:44
Last Modified: 14 Nov 2010 18:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item