ULFAH , RATNA MULIA (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060028.pdf Download (62kB) |
|
PDF
A410060028.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika melalui pendekatan Lightening The Learning Climate, 2) Mengetahui keaktifan peserta didik terhadap pembelajaran Lightening The Learning Climate. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas X-4 yang bekerjasama dengan peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu observasi serta metode bantu yang meliputi tes tertulis, catatan lapangan dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi belajar yang ditinjau secara kognitif yaitu dilihat dari kemampuan siswa, dari 31 siswa (77,50%) pada putaran I, kemudian 32 siswa (80%) pada putaran II dan menjadi 36 siswa (90%) pada akhir tindakan. Tindakan ini juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada saat bertanya dan mengemukakan ide, keaktifan menjawab soal di depan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi_belajar,lightening_the_learning_climate,keaktifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 08:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 18:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8327 |
Actions (login required)
View Item |