EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2008/2009 SMP N 2 JUMANTONO

HARTANTO , HARTANTO (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2008/2009 SMP N 2 JUMANTONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050188.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
A410050188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan penggunaan metode inquiry terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi yang signifikan antara metode inquiry dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jumantono Tahun Ajaran 2008 – 2009 yang berjumlah 275 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VII E untuk kelas eksperimen dan kelas VII F untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, di mana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pokok yang terdiri dari metode tes dan metode angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis anava dua jalan dengan sel tak sama pada α = 5 % diperoleh : (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode inquiry terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 5,580 , (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 4,488, (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode inquiry dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 0,744.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, prestasi dan motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 07:32
Last Modified: 14 Nov 2010 19:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8317

Actions (login required)

View Item View Item