HARYADI, MANDA GUNTUR (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) (PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD Negeri 2 Bulusari Wonogiri Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050160.pdf Download (57kB) |
|
PDF
A410050160.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Bulu Sari yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam: a) mengajukan pertanyaan kepada guru setiap putaran meningkat. Sebelum Putaran (8,69%), putaran I (13,04%), putaran II (26,09%) dan putaran III meningkat menjadi (43,48%), b) mengerjakan soal didepan kelas setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (21,74%), putaran I (30,43%), putaran II (39,13%), dan putaran III meningkat menjadi (69,56%), c) mengemukakan ide setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (4,35%), putaran I (8,69%), putaran II (21,74%) dan putaran III meningkat menjadi (26,09%), d) menjawab pertanyaan setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (13,04%), putaran I (21,74%), putaran II (34,78%) dan putaran III meningkat menjadi (56,52%). 2) prestasi belajar siswa dalam mengerjakan latihan kemandirian setiap putaran meningkat, sebelum putaran (50,17%), putaran I (60,87%), putaran II (69,56%), dan putaran III meningkat menjadi (82,61%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, prestasi belajar, Visualization, Auditory, Kinestetic. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 07:20 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 19:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8314 |
Actions (login required)
View Item |