PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Bagi Siswa Kelas V Semester Gasal SDIT AL Falaah Simo Boyolali )

MAHFUDDIN, ANWAR AZIS (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Bagi Siswa Kelas V Semester Gasal SDIT AL Falaah Simo Boyolali ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050152.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A410050152.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep sudut dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V B SDIT Al Falaah Simo Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, wawancara langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktifan belajar di kelas secara berarti. a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum penelitian sebanyak 2 siswa (8,7%), putaran I sebanyak 7 siswa (31,82%), putaran II sebanyak 10 siswa (43,48%), dan putaran III sebanyak 14 siswa (60,87%). b) keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum penelitian sebanyak 4 siswa (17,39%), putaran I sebanyak 8 siswa (36,36%), putaran II sebanyak 11 siswa (47,83%), dan putaran III sebanyak 15 siswa (65,21%). c) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum penelitian sebanyak 6 siswa (26,09%), putaran I sebanyak 10 siswa (45,46%), putaran II sebanyak 13 siswa (56,52%), dan putaran III sebanyak 17 siswa (73,91%). 2) adanya peningkatan pemahaman konsep sudut yang ditinjau dari kemampuam membuat kesimpulan materi tentang sudut sebelum penelitian sebanyak 5 siswa (21,74%), putaran I sebanyak 9 siswa (40,91%), putaran II sebanyak 14 siswa (60,87%), dan putaran III sebanyak 18 siswa (78,26%). Berdasarkan hasil penelitian berikut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep sudut siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SUDUT, PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 05:44
Last Modified: 14 Nov 2010 19:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item View Item