PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERPADU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PABELAN 03 KARTASURA

FITRIYANI , ESTI (2010) PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERPADU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PABELAN 03 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050140.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
A410050140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran tematik mata pelajaran matematika terpadu pada siswa kelas III SD Negeri Pabelan 03 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan strategi penelitian adalah deskriptif kualitatif. Setting Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Pabelan 03 Kartasura. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pabelan 03 Kartasura. Sumber data yang digunakan adalah (1) tempat dan peristiwa, yaitu ruang kelas dan proses pembelajaran di dalamnya (2) informan, yaitu guru dan siswa; dan (3) dokumen, yaitu materi pembelajaran tematik, rencana pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) test. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksana, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan prestasi belajar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode tematik pada siswa kelas III SD Negeri Pabelan 03 Kartasura, yaitu sebagai berikut: (1)selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 70,59% (12 siswa), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,35% (14 siswa), dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu 94,12% (16 siswa); dan (2) Keaktifan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I kemampuan bertanya 23,53% (4 siswa), kemampuan mengerjakan latihan 29,42% (5 siswa), kemampuan maju kedepan 41,18% (7 siswa). kemudian meningkat pada siklus II kemampuan bertanya 35,29% (6 siswa), kemampuan mengerjakan latihan 52,92% (9 siswa), kemampuan maju kedepan 70,59% (12 siswa), dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu kemampuan bertanya 64,70% (11 siswa), kemampuan mengerjakan latihan 76,43% (13 siswa), kemampuan maju kedepan 88,23% (15 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-tematik, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 05:25
Last Modified: 14 Nov 2010 19:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item