MUHAJIRIN, MUKLIS (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (PTK di kelas VIII Semester Genap MTs Negeri Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050004.PDF Download (86kB) |
|
PDF
A410050004.PDF Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran dengan Strategi Inquiry Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri Karanganyar yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam: a) siswa bisa mengerjakan soal-soal secara mandiri setiap putaran meningkat, Sebelum Putaran (31,03%), putaran I (44,8 %), putaran II (60 %), dan putaran III meningkat menjadi (68,79 %). b) siswa mengemukakan ide dan pendapat setiap putaran meningkat, Sebelum putaran (13,79 %), putaran I (27,59 %), putaran II (52 %), dan putaran III meningkat menjadi (62,69%). c) siswa mampu mengutarakan permasalahan dalam pembelajaran setiap putaran meningkat, Sebelum putaran (13,79 %), putaran I (20,68%), putaran II (28 %), dan putaran III meningkat menjadi (31,03%). d) Berani mengerjakan soal di papan tulis setiap putaran meningkat, Sebelum putaran (10,34 %), putaran I (17,24 %), putaran II (24 %), dan putaran III meningkat menjadi (27,59 %). e) siswa mampu mengerjakan soal bervariasi setiap putaran meningkat, Sebelum putaran (6,89 %), putaran I (13,70 %), putaran II (28 %), dan putaran III meningkat menjadi (34,48 %). 2) prestasi belajar siswa dalam mengerjakan latihan kemandirian setiap putaran meningkat, sebelum putaran (31,03 %), putaran I (37,93%), putaran II (60%), dan putaran III meningkat menjadi (65,51%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Inquiry terbimbing pada pokok bahasan lingkaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif, prestasi belajar, Inquiry Terbimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 04:55 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8304 |
Actions (login required)
View Item |