IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT

SHOLIKHAH, IDHA (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050077.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
A410050077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Konvensional dengan pemberian hadiah dan hukuman dengan metode Konvensional tanpa pemberian hadiah dan hukuman terhadap prestasi belajar matematika siswa dan mengetahui bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Konvensional dengan pemberian hadiah dan hukuman lebih baik dari metode Konvensional tanpa pemberian hadiah dan hukuman. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 Sawit yang terdiri dari sembilan kelas dan sampelnya yaitu siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIID dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan . Karena thit > ttabel , maka Ho ditolak sehingga prestasi belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran konvensional dengan pemberian hadiah dan hukuman terdapat perbedaan dengan siswa yang dikenai pembelajaran konvensional tanpa pemberian hadiah dan hukuman. Hal ini berarti ada pengaruh pemberian hadiah dan hukuman terhadap prestasi belajar matematika siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Konvensional dengan pemberian hadiah dan hukuman sebesar 66,320, lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Konvensional tanpa pemberian hadiah dan hukuman sebesar 57,755 sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran konvensional dengan pemberian hadiah dan hukuman lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran konvensional tanpa pemberian hadiah dan hukuman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Konvensional, Hadiah dan Hukuman, Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 04:31
Last Modified: 14 Nov 2010 19:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item