HANDOKO , HANDOKO (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (PTK Pada Siswa Kelas VIII semester genap di SMP N 2 Banyudono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050012.pdf Download (86kB) |
|
PDF
A410050012.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan kemandirian belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran Think Talk And Write pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP N2 Banyudono. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.A yang berjumlah 40 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII.A. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data di analisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran Think Talk And Write dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan (10%, 15%, 30%, 45%), 2) mengajukan pendapat meningkat dari (2%, 7,5%, 27,5%, 32,5%), 3) memberi tanggapan terhadap pendapat siswa lain mengalami peningkatan (5%, 12,5%, 32,5%, 37,5%, 37,5%), 4) mengerjakan soal – soal latian ada peningkatan (12,5%, 27,5%, 42,5%, 62,5%, 62,5%). Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Think Talk And Write juga dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa hal ini dapat dilihat dari aspek 1) mengerjakan pekerjaan rumah mengalami peningkatan (17,5%, 27,5%,45%, 92,5%), 2)dalam mecari aternattif jawaban mengalami peningkatan (5%, 10%, 17,5%, 20%) dan ke 3) meningkatnya keberhasilan siswa dalam mengerkakan soal mandiri dengan nilai diatas 60 mengalami peningkatan (42,5%, 55%, 67,5%, 85%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Think Talk And Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan kemadirian belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, keaktifan, kemandirian belajar, Tink, Talk, Write |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 03:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 19:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8301 |
Actions (login required)
View Item |