Wahidah Lailatusiami, Nurul and , Dra. Yayah Khisbiyah, M.A (2020) Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Dan VI SD N 03 Ngringo Jaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (651kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penggunaan gawai sebagai salah satu faktor eksternal pada siswa dapat mempengaruhi hasil belajarnya, karena pada dasarnya dengan adanya gawai ini, siswa diharapkan dapat mengatasi keterbatasan ilmu pengetahuan dan informasi yang belum dapat dijelaskan oleh guru. Tetapi disisi lain, adanya penggunaan gawai ini juga dapat menurunkan hasil belajar siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gawai dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri 3 Ngringo Karanganyar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa dengan menggunakan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Product Moment. Hasil perhitungan product moment diperoleh nilai koefisien korelasi r (xy) = 0,784 dengan signifikansi = 0,000; (p < 0,01), artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penggunaan gawai dengan prestasi belajar siswa. Sumbangan efektif penggunaan gawai terhadap prestasi belajar siswa sebesar 78,40%. Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa penggunaan gawai dalam kategori sedang dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan gawai, prestasi belajar, siswa. |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | NURUL WAHIDAH LAILATUSIAMI |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 03:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82176 |
Actions (login required)
View Item |