RAKHMI, DELTA ARINGGA (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE SAKAMOTO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP Negeri 3 Patebon Kendal Pokok Bahasan Balok Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060024.PDF Download (43kB) |
|
PDF
A410060024.PDF Restricted to Repository staff only Download (82MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode Sakamoto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika yang meliputi (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 68% (b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 17% dan setelah tindakan 62% (c) mengemukakan ide sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 37% (d) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan 24% dan setelah tindakan 58% (e) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 6% dan setelah tindakan 24%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif metode Sakamoto dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, pembelajaran kooperatif, metode pembelajaran Sakamoto |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2010 04:05 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8201 |
Actions (login required)
View Item |