PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENING KATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010

ISTININGSIH, RURI (2010) PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENING KATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060179.PDF

Download (191kB)
[img] PDF
A410060179.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) melalui strategi Index Card Match serta untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan metode CIRC melalui strategi Index Card Match. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,78%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 5,55% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 69,44%, 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 2,78% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 41,67%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition), Index Card Match, Keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:27
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item View Item