UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI BANGUN RUANG MELALUI METODE SAVI (SOMATIC, AUDITORY,VISUAL, INTELLECTUALLY) DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH (PTK Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010)

RISMIYATI , LUTHFIA AMNI (2010) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI BANGUN RUANG MELALUI METODE SAVI (SOMATIC, AUDITORY,VISUAL, INTELLECTUALLY) DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH (PTK Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060162.PDF

Download (164kB)
[img] PDF
A410060162.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan pemanfaatan macromedia flash, dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan pemanfaatan macromedia flash. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Boyolali sejumlah 42 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah 1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek (a) mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum jelas sebelum tindakan 47,6 % diakhir tindakan 90,4 %, (b) menanggapi atau menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainnya sebelum tindakan 59,5 % diakhir tindakan 95,2 %, (c) mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 11,9 % diakhir tindakan 54,7 %, (d) mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelum tindakan 16,7 % diakhir tindakan 59,5 %, (e) mengerjakan soal-soal di depan kelas sebelum tindakan 9,5 % diakhir tindakan 52,4 %, serta 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis sebelum dan diakhir penelitian dapat mencapai nilai ≥ 68 yaitu sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (30,95 %) dan di akhir tindakan sebanyak 35 siswa (83,3 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dengan pemanfaatan macromedia flash dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAVI, macromedia flash, keaktifan siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:22
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8170

Actions (login required)

View Item View Item