PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE THE POWER OF TWO DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009 / 2010

YUSNIATUN, SRI (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE THE POWER OF TWO DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060116.PDF

Download (154kB)
[img] PDF
A410060116.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa terhadap matematika dengan menggunakan Macromedia Flash melalui metode The Power of Two dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 24 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VIIIB. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan minat belajar siswa melalui metode The Power of Two dengan menggunakan Macromedia Flash. Hal ini dilihat dari aspek a) perasaan senang siswa terhadap matematika dari sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 87,5% pada akhir tindakan; b) perhatian siswa dalam menerima pelajaran dari sebelum tindakan 16,67% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan; c) kemauan siswa dalam proses pembelajaran dari sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 66,67% setelah tindakan; d) konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika dari sebelum tindakan 33,33% meningkat menjadi 83,33% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode The Power of Two dengan menggunakan Macromedia Flash dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, The Power of Two, Macromedia Flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:18
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item