UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)

UTAMI , TRI (2010) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060044.PDF

Download (92kB)
[img] PDF
A410060044.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 61,67 %, 2) Menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 11,8 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 3) Mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 4) Ketuntasan KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 17,6 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 85,94 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student-Created Studies dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, model-pembelajaran, alat-peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:10
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item