PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Sukolilo Tahun Pelajaran 2009/2010)

KUSTONO, KUSTONO (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Sukolilo Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060030.PDF

Download (43kB)
[img] PDF
A410060030.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran mind mapping. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti berkolaborasi dengan guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Sukolilo dan kepala sekolah. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukolilo, yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan metode alur. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bernalar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan : 1. Banyaknya siswa yang mampu menjawab pertanyaan langsung dari guru meningkat dari 18,75% menjadi 63,33%. 2. Kemampuan siswa mengerjakan soal uraian secara tepat mengalami peningkatan,dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang telah memenuhi nilai KKM 7,00 yaitu pada putaran I 5,05 dan pada putaran III menjadi 7,43.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mind_mapping, kemampuan_bernalar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:02
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item