PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak)

RETNOWATI, NURMA DWI (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060015.PDF

Download (109kB)
[img] PDF
A410060015.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan pemanfaatan alat peraga, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi Giving Question and Getting Answer dengan pemanfaatan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII F SMP Negeri 2 Ngemplak, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yang meliputi (a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal secara tepat sebelum tindakan ada 10 siswa (29,41%) menjadi 25 siswa (73,53%) setelah tindakan, (b) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan ada 6 siswa (17,64%) menjadi 20 siswa (58,82%) setelah tindakan, (c) kemampuan siswa menggunakan alat peraga secara tepat sebelum tindakan ada 5 siswa (14,70%) menjadi 17 siswa (50%) setelah tindakan, (d) kemampuan siswa membuat kesimpulan meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep serta memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan ada 7 siswa (20,59%) menjadi 24 siswa (70,59%) setelah tindakan, serta 2) prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa dengan nilai diatas 65 sebelum tindakan ada 15 siswa (44,12%) menjadi 25 siswa (73,53%) setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan pemanfaatan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang kubus dan balok sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman-Konsep, Strategi-Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 07:59
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item