Putra, Ervin Sukmana and -, Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2020) Gambaran Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun yang Mengikuti Kelompok Bermain. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
201516 Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Ervin)haldep.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (411kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tumbuh kembang seorang anak ditandai dengan pertumbuhan (growth) dan perkembangan (development). Perkembangan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu indikator tumbuh kembang anak yaitu perkembangan bahasa. Berdasarkan latar belakang di atas maka, dapat diaplikasikan di PAUD tentang gambaran perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak usia 4-6 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Muqorrobin Plaosan Magetan. Penelitian merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Deskriptif Analitik. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 anak dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian DDST (Denver Development Screening Test) yang sudah baku dan digunakan oleh beberapa peneliti sebelumnya. Data hasil pemeriksaan responden akan diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak yang memiliki perkembangan normal berjumlah 26 anak. Untuk perkembangan suspect berjumlah 14 anak. Dan perkembangan untestable berjumlah 3 anak. Sebagian besar dengan indikator orang tua atau ibu dari anak adalah sebagai ibu rumah tangga. Untuk orang tua yang memiliki anak dengan perkembangan suspect untuk lebih memperhatikan anak dalam berkomunikasi, sering memeriksakan perkembangan bahasa anak, dan tidak terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Pengasuh mengasah perkembangan bahasa di PAUD dengan memberi contoh, pembiasaan, latihan dan kompetisi secara rutin yang optimal. Memenuhi kebutuhan asah merupakan cikal bakal dalam proses belajar (pendidikan dan pelatihan) pada anak termasuk belajar memaksimalkan perkembangan bahasa sesuai dengan umur dan jenis kelamin anak
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan bahasa, Anak usia 4-6 tahun, PAUD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | ERVIN SUKMANA PUTRA |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 06:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/80802 |
Actions (login required)
View Item |